-->

Cocor Bebek Mampu Mengingkatkan Imunitas Tubuh

Advertisemen
Obat Herbal Meningkatkan Imunitas Tubuh (Cocor Bebek)

Cocor bebek atau suru bebek (Bahasa Latin:Kalanchoe pinnata, Bryophyllum calycinum, Bryophyllum pinnatum) artinya tumbuhan sukulen (tumbuhan yang mengandung air) dimana dominan berasarl dari  Madagaskar. Tanaman ini terkenal karena metode reproduksinya melalui tunas daun (tunas/adventif). Cocor bebek populer digunakan sebagai tanaman hias di rumah tetapi banyak pula yang tumbuh liar di kebun-kebun dan pinggir parit yang tanahnya banyak berbatu.

Di India, Cocor Bebek diolah menjadi jus yang berkasiat untuk mengatasi penyakit kuning.  Pengobatan di Cina menggunakan seluruh bagian tanaman termasuk akar dalam keadaan segar untuk pengobatan.

Namun berberapa jenis manfaat lainya yaitu sebagai bahan kompres luka bakar, baik luka terkena api, bahan anti sinar UV, infeksi kulit, cara mengaplikasikan; daun cocor bebek dihaluskan dan dibalut terhadap luka.  Sifat dari tanaman sosor bebek adalah mengadung asam, bau lemah, dingin dan astringent. Tanaman sosor bebek mengandung zat asam lemon, zat asam apel, vitamin C, Quercetin, kaempferol. Untuk mendinginkan, menghentikan pendarahan, menghilangkan panas dan detoksifikasi. Digunakan untuk mengatasi muntah darah, trauma pendarahan, luka akibat terjatuh, dan kanker payudara, bisul wasir, radang amandel, dan sakit kepala.

Cara penyajian:
  1. Daun Cocor Bebk dilumat sebagai pembalut luka
  2. Daun dijus sebagai minuman
  3. Diparut lalu di ambil sarinya sebagai minuman
  4. Daun dan batang ditaruh di gelas untuk diambil getah beningnya sebagai obat tetes.

Efek Samping :
  1. Kandungan zat aktif dari sosor bebek berpotensi sebagai antidiabetes
  2. Memiliki aktivitas sebagai antibakteri terhadap gram positif dan negative
  3. Memiiki aktivitas sebagai hepatoprotektor
Kontra indikasi:
Dilarang mengkonsumsi Cocor Bebek bila ada kegagalan fungsi pencernaan (fungsi kelenjar pankreas menurun, dingin)
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 klinikmedis - All Rights Reserved - Proudly powered by Blogger