-->

Radang Tenggorokan Dampak dan Cara Pencegahannya.

Advertisemen
Ganguan Radang tenggorokan adalah suatu pertanda timbulnya penyakit seperti flu, batuk dan pilek. Jenis-jenis radang tenggorokan yaitu:
  1. Radang Tenggorokan Akut. Merupakan radang tenggorokan yang masih baru muncul, gejalanya sperti nyeri tenggorokan mulai demam dan batuk-batuk
  2. Radang Tenggorokan Kronis. Adalah radang tenggorokan yang sudah lama terjadi, gejala yang timbul seperti adanya sesuatu yang mengganjal di saluran tenggorokan.
Radang Tenggorokan

Penularan

Penuluran tenggorakan dapat tejadi melalui; air ludah, atau ingus (cairan hidung), penggunaan barang dan alat makan secara bersama dan sentuhan tanggan.

Penyebab
Penyebab radang tenggorakan sangat berpariasi antara beberapa pasien. Penyebab randang tenggorakan antara lain;

  1. Batuk dan Pilek
  2. Infeksi Virus. Infeksi virus yang berdampak pada deman daya tahan tubuh melemah. Virus dari bisul atau campak.
  3. Alergi. Dapat menyebabkan iritasi pada rongga tenggorokan
  4. Merokok
  5. Infeksi bakteri Streptokokus, Sulit menelan, terdapat bintik-bintik putih pada lidah, muntah-muntah, amandel membengkak dan bernanah
  6. Difteri
  7. Stress berlebih


Gejala Radang Tenggorokan
•    Terasa gatal pada tenggorokan, dan muncul dahak sebagai pembersih tenggorokan
•    Nyeri di saluran tenggorokan
•    Sakit saat menelan
•    Ingus berwarna Hijau, atau Kuning
•    Demam
•    Pembengkakan kalenjar getah bening pada leher
•    Sel darah putih meningkat
•    Pembengkakan pada dinding tenggorokan


Komplikasi Radang Tenggorokan
Apabila terdapat gejala-gejala seperti diatas maka sangat penting untuk melakukan pemeriksaan untuk diobati. Hal terburuk akan terjadi bila gejala-gejala dihiraukan dan peradangan pada tenggorokan semakin memburuk, dan dapat menyebabkan komplikasi seperti;

a.    Proses bernafas akan terganggu
b.    Radang paru-paru
c.    Perusakan jantung (demam rematik)
d.    Sinusitis
e.    Infeksi Telinga
f.    Pembengkakan pada leher
g.    Penyakit kuning
h.    Ginjal

Tips................Randang Tenggorokan Akut tidak harus dibawah kerumah sakit, asalkan langsung diberikan obat penghilang rasa sakit dan obat demam untuk melawan virus demam. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayur, untuk menghindari iritasi pada tenggorokan jangan mengkonsumsi buah dan sayuran yang keras, bila ingin mengkonsumsi buah dapat dilakukan dengan mengambil sari dengan mengejus buah, bila ingin mengkonsumsi sayuran pilihlah sayuran lunak yang kaya vitamin.


Radang Tenggorokan Kronis harus diperiksakan kerumah sakit, dan beritahu semua kondisi yang anda alami serta indaksi penyebabnya kepada dokter, agar dokter dapat memberikan takaran antibiotik yang tepat dan tidak salah sasaran.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 klinikmedis - All Rights Reserved - Proudly powered by Blogger