-->

Waspada Terhadap Penularan Hepatitis B

Advertisemen
Hepatitis B adalah suatu penyakit pada hati yang disebabkan oleh "Virus Hepatitis B" (VHB), dimana dapat menyebabkan peradangan hati akut dan dapat menjadi sirosis hati atau KANKER HATI sehingga hati akan rusak dan menyebabkan kematian. Penyebaran virus ini dapat terjadi melalui DNA yaitu cairan tubuh dan darah penderita penyakit Hepatitis B, seperti Seorang Ibu Hamil yang terkena penyakit Hepatitis B akan menurukan penyakit tersebut kepada bayinya, melalui hubungan sex atau pemakaian jarum suntik secara berulang.

Kondisi Hati Normal dan Up Normal

Gejala
  1. Mual dan mutah
  2. Nafsu makan menurun
  3. Lemas
  4. Urin / Air Seni berwarna kuning kecoklatan bisa sampai berwarna coklat tua
  5. Demam dan flu menerus
  6. Nyeri pada otot dan persendian
  7. Kulit berwarna kuning / pucat
  8. Mata menguning
  9. Mudah lelah

Pada beberapa orang gejala diatas tidak tidak terlalu sering terjadi bahkan ada yang sama sekali tidak muncul gejalanya. Sehingga tidak sadar akan timbulnya penyakit Hepatitis B didalam tubuh. Masa Inkubasi atau rentan waktu terkena virus sampai timbulnya gejala adalah antara 1-5 bulan sejak terpapar virus Hepatitis B.

Pada umumnya ketika hati terkena virus Hepatitis B akan sembuh dalam waktu 6 bulan, hal ini terjadi karena organ hati mampu beregenerasi/memeperbaiki sendiri secara terus menerus dan mampu bekerja meski mengalami kerusakan. Akan tetapi pada sebagian orang, kemampuan hati untuk memperbaiki diri tidak bekerja sehingga berdampak terhadap timbulnya gejala.

Diagnosis
Mendiaknosa hepatitis B dilaksanakan dengan pemeriksaan darah. Hati akan melepaskan protein Hepatitis B kedalam darah.  Mendeteksi HBsAg (hepatitis B surface antigen) lapisan luar virus hepatitis B yang memicu reaksi negatif pada sistem kekebalan tubuh Anda.

Pencegahan
Pencegahan dapat dilakukan dengan pengobatan agar penyebaran hepatitis B kronis tidak meluas akan tetapi infeksi tidak akan dapat diobati, sehingga apabila seseorang memiliki riwayat penyakit Hepatitis B kronis akan selalu menularkan virus Hepatitis B. Pencegahan hepatitis B adalah dengan vaksin yang didapat sewaktu Imunisasi namun pada orang dewasa dari segala umur dapat menerima vaksin hepatitis B.

Pencegahan Penularan:
Tidak berbagi barang, tempat, makan, minuman, alat-alat makan, alat kebersihan tubuh dll kepada oramg lain.
  1. Menghentikan hubungan sex bebas
  2. Tidak mengunakan jarum suntik secara bergantian dan berulang
  3. Tidak mengkonsumsi Minuman beralkohol
  4. Bila Ibu Hamil terkena virus Hepatitis B, memeriksa Ibu dan Bayi ke dokter dan meminta Vaksin Hepatitis B saat sesudah persalinan baik ibu dan bayi.



Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 klinikmedis - All Rights Reserved - Proudly powered by Blogger