-->

10 Tips Menyiapkan Kecerdasan Bayi Mulai Dari Janin

Advertisemen
Kegiatan dan aktifitas yang baik dapat merangsang pertumbuhan sel otak janin hingga mencapai 100 miliar. Janin sagat sensitif terhadap aktifitas dan kondisi Bunda setiap harinya, dimana janin dapat merasakan kondisi yang dialami Bunda. Oleh karena itu, untuk dapat merangsang pertumbuhan sel otak pada janin Bunda perlu melakukan beberapa kebiasan baik, diantaranya adalah:
  1. Berbicara dan Membacakan Cerita (usia janin mendengar?) Janin sangat senang mendengarkan suara dari Bunda dan Ayah, dimana suara Bunda adalah suara terindah bagi janin selama didalam kandungan. Bunda dapat mengajak janin untuk berbicara tentang hal-hal penting yang harus dia ketahui secara mendasar seperti memberitahukan siapa ayahnya, harus berprilaku baik, bercerita tentang kegiatan anda sehari-hari. Dan bacakanlah cerita-cerita dongeng atau cerita tentang agama yang dapat dibantu oleh ayah.
  2. Medengarkan Musik Klasik. Menurut Dr. Hermanto, SpOG (K) [sumber:berbagai media cetak dan elektronik] mengatakan janin sejak usia 20 minggu sangat disarankan untuk distimulasi perkembangan sel otaknya dengan menggunakan musik klasik terutama Mozart.

bayi cerdas
Menyiapkan Kecerdasan Bayi Mulai Dari Janin

Prosedur menstimulasi sel otak dengan musik adalah dengan cara :


  1. Musik Mozart (Klasik) dapat dikenalkan kepada janin mulai usia 20 minggu.
  2. Pergunakan Headphone yang ditempelkan pada perut ibu, agar janin lebih fokus dengan lantunan nada yang dihasilkan headphone.
  3. Sangat efektif bila dilakukan pada malam hari sewaktu hendak istirahat, akan tetapi dapat juga dilakukan kapanpun bunda ada waktu.
  4. Lama waktu memperdengarkan musik Mozart kepada janin akan efektif selama 60 menit.


  5. Urutkan musik Mozart secara teratur (tidak dengan track musik secara acak).
  6. Bunda juga dapat mendengarkan musik Mozart melalui headphone agar bunda dapat merasa tenang.
  7. Hindari Aktifitas Berat Yang Berlebih. Kondisi kebugaran Bunda sangat mempengaruhi pertumbuhan sel otak bayi. Dimana bila Bunda menjalankan aktifitas berat pada usia janin 20 minggu akan memperlambat asupan nutrisi pada janin, kebugaran Bunda juga dapat mempengaruhi tekanan darah pada janin dan bunda, dimana dapat menimbulkan stres pada Janin dan Bunda.
  8. Lakukan Olahraga Ringan. Bunda dapat melakukan senam Belly, dimana senam belly merupakan adaptasi senam hamil dengan gerakan belly dance, Senam Belly adalah senam yang sangat menarik dan menyenangkan serta dengan fungsi yang beragam baik untuk memberikan kebugaran, memperkuat otot panggul dan otot perut, memperbaiki postur tubuh, dan memperlancar saat kelahiran.
  9. Menciptakan Kebahagian Suasana Hati. Bagi para Ayah dapat menciptakan suasana hati sang Bunda tetap normal (bahagia), jauhkan masalah dan beban pikiran dari Bunda. Banyak beradar cerita bila suasana hati Bunda gundah (sedih) maka bayi akan dapat mendengar serta merasakannya, secara teori hal ini masi diragukan, Namun bila suasana hati bunda sedih dapat mempengaruhi pola makan dan jam istirahat Bunda, pada akhirnya asupan  nutrisi terhadap janin juga akan terganggu.
  10. Mengkonsumsi Nutri dan Multi Vitamin. Bunda dianjurkan untuk mengkonsumsi Nutrisi, DHA dan Multi Vitamin secara seimbang,  yang diperoleh dari Susu, Buah-Buahan, Sayuran serta Daging dan Ikan. Kombinasi antara  stimulasi sel otak janin dan nutrisi yang seimbang dapat meningkatkan pertumbuhan sel otak pada janin sehingga menghasilkan bayi yang cerdas dan sehat.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 klinikmedis - All Rights Reserved - Proudly powered by Blogger