-->

Menurunkan Kolesterol dengan Ceremai

Advertisemen
Menurunkan Kolesterol dengan Ceremai

Ceremai atau Buah Ceremai dalah nama sejenis pohon.

Ciri Khas Pohon
Batang Pohon kecil dengan ketinggian sampai 9 m, bercabang rendah dan renggang. Sepintas, pohon cerme bukan tidak mirip dengan pohon belimbing wuluh. Daun tunggal, bundar telur dengan ujung runcing, panjang 2-7 cm, tersusun di rantingnya seperti daun majemuk menyirip.

Ciri Khas Buah
Bunga-bunganya berkelamin tunggal atau ganda, merah, berbilangan 4, tersusun dalam malai hingga 12 cm. Buah batu, bulat dengan 6-8 rusuk, kuning keputihan menyerupai lilin, berdiameter hingga 2,5 cm, bergantungan sendiri atau dalam untaian. Daging buah keputihan, masam dan banyak berair, di tengahnya terdapat inti yang keras dengan 4-6 butir biji.

Kasiat
Ceremai banyak digunakan sebagai obat herbal, terutama dalam menurukan kolesterol.

Bahan yang digunakan
Daun Ceremai (Phyllanthi Achidi Folium) segar sebanyak 2 gemgaman.

Cara Penyajian
Daun ceremai dibilas dengan air bersih, kemudian direbus dengan 3 gelas air. Lalu direbus hingga air rebusan tersisa setengahnya. Setelah itu diamkan sejenak hingga dingin, lalu saring dan diminum pada pagi hari dan sore hari, masing-masing 3/4 gelas.

Catatan
Daun Cerami mengandung Saponin, Flavonoida, Tanin dan Polifenal. Pektin berkhasiat menurunkan kadar kolesterol pada darah.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 klinikmedis - All Rights Reserved - Proudly powered by Blogger