-->

Mengenal Emosi Bayi

Advertisemen
Seiring tumbuh kembang bayi, maka emosionalnya juga bertumbuh. Mulai dari rasa takut, senang, sedih, dan marah. Bagaimana mengenal tingkat emosi dari bayi agar mengerti apa yang dia kehendaki. Kenali emosional bayi anda sedini mungkin.

Diusia bayi 0-3 bulan, mulai mengenal emosi dasar yaitu sedih dan gembira. Bayi mulai memplejari ekspresi wajah orang disekitarnya. Dia akan melihat dan merespon mimik wajah dan suara yang anda keluarkan, pada tingkatan ini bayi hanya bisa terseyum tipis dan menangis. Anda harus peka terhadap emosi yang ada pada bayi anda.

respon bayi
Mengenal Kapasitas Emosi Pada Bayi

Setelah beranjak 3-8 bulan, bayi mampu menunjukan rasa takut ketika mendengar suara terlalu keras. Kemampuan mengenal semakin naik, akan terlihat jelas ketika bayi menagis dia akan memilih ibunya sebagai teman dikarenakan dia lapar, sedangkan untuk bermain dia lebih memilih suami anda, ciri khas seperti ini lebih menonjol ditunjukan anak laki-laki, bukan berarti anak perempuan tidak seperti itu. Peran suami sangat berpengaruh pada usia 3-6 bulan, karena suami lah yang mengambil perhatian sibayi dengan bermain dan bercanda gurau sedangkan isrti akan disibukan dengan pekerjan sehari-hari.


Menjalani usia 8-12 bulan, bayi akan mulai banyak bergerak, bayi akan tertarik dengan benda-benda disekitarnya. Pada usia ini bayi harus diajak banyak mengenal benda disekitarnya guna menstimulasi otaknya. Biasanya bayi mampu menujukan rasa ingin tahu akan suatu benda kepada anda dengan cara menunjuk benda tersebut, deskripsi dari beberapa ahli mengatakan bahwa hal ini merupakan permintaan izin dari bayi kepada anda untuk menjamah benda tersebut. Anda dapat menunjukan ekspresi senang sebagai tanda izin dari anda dan sebaliknya anda dapat menunjukan ekspresi khawatir sebagai tanda penolakan izin dari bayi.

Usia 12-18 bulan, bayi akan mampu mengenal orang dan benda dilingkungannya. Dia akan belajar siapa saja orang-orang yang penting didalam kehidupannya, sehingga bayi tidak ingin ditinggalkan. Seperti ketika anda hendak berangkat kerja dia akan menangis, bukan hanya itu jika anda mempergunakan jasa baby sister, ketika baby sister hendak pulang dia juga akan menangis, akan tetapi dia akan kembali ceria ketika melihat mainnya. Diusia ini juga akan tumbuh empati berupa perhatian/awarness, bayi akan merasa sedih ketika anda menangis/sedih dia akan menyentuh anda dengan lembut dan coba menenangkan anda.

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 klinikmedis - All Rights Reserved - Proudly powered by Blogger