-->

Tips Memilih Penitipan Buah Hati Anda Saat Bekerja

Advertisemen
Setelah habis masa cuti, seorang ibu akan bingung saat hendak menitipkan anaknya.Rasa tidak percaya dan waswas akan muncul didalam pikiran si Ibu saat berada di tempat kerja. Terlebih saat ini semakin banyak kasus tentang kejahatan terhadap anak yang dilakukan oleh baby sister / pengasuh bayi.

penitipan anak
Penitipan Bayi
Keadaan seperti ini akan menjadi dilema besar kepada seorang ibu apakah dia memilih pekerjaan atau anak. Tidak ada yang dapat menjamin anak anda akan aman dititpkan kepada siapa pun, namun ada beberapa tips dan rekomendasi penitipan anak.


Menitip anak pada Orang Tua
Orang tua anda pasti sangat senang ketika anda menitipkan bayi anda kepada mereka. Karena mereka sangatlah menyayangi bayi anda. Terlebih mereka akan memberikan beberapa masukan tentang cara merawat bayi kepada anda. Jadi rasa aman dari diri anda akan timbul.

Akan tetapi orang tua akan merasa tidak nyaman bahkan bisa terjadi cekcok apabila terdapat perbedaan pendapat tentang prosedur merawat bayi/anak. 

day care
Menitipkan Pada Orang Tua
Tips: 
  • Diskusikan terlebih dahulu dengan suami anda mengenai menitip anak dengan orang tua
  • Ajak orang tua bicara ringan dan santai tentang kendala anda pada saat bekerja dan hendak menitip anak pada mereka.
  • Lengkapi fasilitas bayi dirumah orang tua anda, mulai dari popok, pakain, susu ASI sampai bouncher bayi, dengan begitu orang tua anda akan yakin kepada anda bahwa anda sudah tahu cara merawat bayi
  • Upayakan menyamakan presepsi anda dengan orang tua, apabila terdapat perbedaan pendapat upayakan memberikan penjelasan secara rasional dan tepat, jangan membandingkan prosedur.
  • Beri apresiasi atas kinerja orang tua anda selama menjaga bayi anda, contoh orang tua anda suka dengan Martabak, maka upayakan membelikan martabak saat pulang kerja dan sajikan kepada orang tua anda. 
  • Tanyakan apa kendala mereka setiap harinya.
  • Jangan lupa ucapkan terimakasih


Menitip Kepada Suami
Menitipkan anak kepada suami yang kesehariannya bekerja di rumah, merupakan hal baik untuk dilakukan, akan tetapi berdiskusilah terlebih dahulu kepada suami Anda tentang hal tersebut.

Kendala yang sering dihadapi pada saat menitipkan anak kepada sumai adalah, sering sekali suami kurang peka terhadap bayi, suami berprinsip anak nyaman bila dia tidak menangis, dan apabila menangis cukup hanya melakukan cek popok, ganti popok, beri minum dan memberi mainan.

day care
Menitipkan pada Suami
Hal ini disebabkan oleh kondisi suami yang juga sedang bekerja.   Dampaknya anak akan mudah terserang penyakit dikarenakan jadwal makan dan minum tidak teratur.

Tips
  • Berdiskusilah terlebih dahulu dengan suami anda
  • Beri petunjuk singkat tertulis kepad suami tentang merawat bayi dan jadwal makan dan minum
  • Gunakanlah baby sister karena suami akan lebih leluasa untuk bekerja sambil melihat kondisi anak anda. Dan buat scedule dan petunjuk singkat kepada suami apa saja yang perlu diperhatikan saat baby sister bekerja.

Mengunakan Jasa Baby Sister
Penggunaan jasa baby sister akan mempermudah anda untuk menentukan apa saja yang akan diberlakukan untuk bayi anda. Pekerjaan anda hanya mengecek secara berkala melalui telepon atau CCTV.

Nah bila anda tidak menggunakan CCTV disinilah sering terjadi tindak kecurangan yang dilakukan oknum baby sister yang tidak bertanggung jawab. Bila baby sister anada sedang ada urusan atau pulang kampung maka anda akan direpotkan dengan urusan kerjaan dan bayi anda, ini lah kendala yang akan anda hadapi.
day care
Jasa Baby Sister

Tips
  • Pergunakan jasa baby sister yang memiliki pengalaman dan garansi terhadap anda. 
  • Perhatikan isi kontrak kerja anda dengan baby sister, pastikan biodata dan pengalaman dari baby sister terpenuhi. 
  • Usahakan pergunakan jasa baby sister yang sudah anda kenal, misalnya keluarga dari kampung.
  • Beri fasilitas yang baik bagi baby sister anda, agar dia merasa aman berada dirumah anda.
  • Apresiasikan kinerja yang baik dari baby sister anda dengan memberi hadiah atau intensive agar dia mampu mempertahankan kinerjanya
  • Pergunakanlah CCTV dan beri tahukan kepada baby sister bahwa rumah anda dipasang CCTV


Di Penitipan Anak (Day Care)
Menitipkan anak di Day Care adalah solusi baik, apalagi jika dikantor/tempat kerja anda disediakan Day Care, akan lebih mudah bagi anda untuk mengawasi anak anda. Day Care mempunyai beberapa program khusus untuk menstimulasi kembang anak dengan memberikan anak anda kegiatan-kegiatan positif.

Kendala yang dihadapi ketika menitipkan anak di Day Care adalah mudah terjankit penyakit dikarenakan apabila ada anak lain yang sakit maka mereka akan terkontaminasi langsung.

penitipan anak
Day Care
Day Care sering sekali tidak memperhitungkan proporsi pekerja di Day Care dengan jumlah anak yang masuk.

Tips
  • Cari Day Care yang berpengalaman dan mempuyai garansi penuh atas anak anda
  • Perhatikan proposi pekerja/pengasuh dengan jumlah anak yang diasuh. (strandar 1:2)
  • Tanyakan tentang ketersediaan fasilitas klinik meraka dan penangung jawab kesehatan seperti perawat dan dokter afiliasi mereka.
  • Tanyakan pengalaman dan alamat pengasuh meraka.
  • Carilah Day Care yang memiliki CCTV yang dapat diakses langsung oleh anda.

Menitip Kepada Saudara
Menitipkan anak kerumah saudara akan memberi anda rasa aman, karena diawasi oleh orang yang anda percaya. Kendala yang anda hadapi anak anda akan lebih banyak diam di bounchernya, karena saudara anda hanya akan memperhatikan anak anda sesekali saja. Acap kali terjadi cekcok diakibatkan kondisi anak yang tidak sewajarnya/tidak seperti biasanya, apalagi bila anak anda terserang penyakit.

penitipan anak
Jasa Saudara
Tips
  •  Diskusikan terlebih dahulu dengan suami anda mengenai menitip anak dengan saudara anda
  • Ajak saudara anda bicara tentang kendala anda pada saat bekerja dan hendak menitip anak pada mereka.Dan mintalah bantuan mereka untuk menjaga anak anda.
  • Lengkapi fasilitas bayi dirumah saudara anda, mulai dari popok, pakain, susu ASI sampai bouncher bayi, dengan begitu orang tua anda akan yakin kepada anda bahwa anda sudah tahu cara merawat bayi
  • Upayakan menyamakan presepsi anda dengan saudara anda, apabila terdapat perbedaan pendapat upayakan memberikan penjelasan secara rasional dan tepat.
  • Beri apresiasi atas kinerja saudara anda selama menjaga bayi anda.

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 klinikmedis - All Rights Reserved - Proudly powered by Blogger