-->

Manfaat Super Positif dari Rosela

Advertisemen
Ini dia Kasihat Jahe

Rosela atau Hisbiscus sabdariffa, adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Mulanya bunga yang juga cantik untuk dijadikan penghias halaman rumah itu diseduh sebagai minuman hangat di musim dingin dan minuman dingin di musim panas. Rosela mengandung vitamin A, vitamin C, beta karoten, kalsium, vitamin B1 dan B2, omega 3, iron, plotasium, protein esensial, asam esensia, mangnesium dan 12 jenis asam amino. Di pengobatan terapi pun rosella telah digunakan. Vitamin C yang terdapat pada Rosella lebih banyak dari pada kandungan vitamin C pada Jeruk.

Berikut  Kasiat Rosella :
► Peremajaan sel tubuh
► Sebagai anti oksida dan penangkal radikal bebas di dalam tubuh
► Membantu menyeimbangkan sistem saluran pencernaan di dalam tubuh
► Menurunkan tekanan darah tinggi,
► Kolesterol,
► Migran,
► Batuk,
► Panas demam,
► Asam urat
► Ambein
► Melindungi tubuh dari infeksi kuman dan virus
► Meningkatkan vitalitas dan kesehatan jantung
► Mencegah Kanker
► Memperbaiki saluran kencing pria dan ginjal
► Menyehatkan mata
► Mencegah Penuaan dini
► Menurunkan penggumpalan lemak pada tubuh
► Menganti cairan elektrolit tubuh


Efek Samping 
Bagi pengidap penyakit maag dianjurkan tidak mengkonsumsi secara menerus karena kandungan keasaman (pH) seduhan rosela mencapai 3,14

Cara Pengolahan
Penyimpanan dan Pengolahan Rosella tidak dapat dilakukan dengan sebarangan karena akan mempengaruhi efektifitas kandungan zat yang ada pada Rosella. Ciri-ciri Rosella yang telah hilang manfaatnya akibat salah penyimpanan dan pengolahan adalah: warna dari seduhan rosella tidak berwarna anggur lagi, hal ini bisa saja diakibatkan oleh sewaktu penyimpanan atau pengolahan salah, bahkan sinar matahari pun bisa merusak kandungan rosella yang telah dikemas didalam botol.

  rosella
Manfaat Super Positif dari Rosela

Prosedur pengolahan Yang Benar
Bunga yang sudah dipetik, dijemur di bawah terik matahari selama 1-2 hari agar mempermudah pemisahan biji dan kelopak bunga. Setelah dipisahkan dan disortasi jemur kembali selama 3-5 hari. Pengujian tingkat kekeringan yaitu dengan cara meremas apabila mudah hancur menjadi bubuk artinya kadar air telah mencapai 4-5%. Bubuk rosella telah siap digunakan.

Cara Menyajikan Rosella
    Sebagai Teh Tuangkan 2-3 gram bubuk rosella kedalam gelas dan seduh dengan air mendidih. Bagi penderita batuk, atau diabetes gunakan gula rendah kalori seperti gula jagung. Biji rosella yang telah dipisah dapat langsung diseduh dengan air panas untuk dijadikan teh.
    Selai
    Daun Rosela dijadikan salad buah yang dimakan mentah.
    Makanan Ringan
    Daun rosella diolah dengan cara dikukus bersama dengan kacang-kacangan dan dikonsumsi menjadi bubur
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 klinikmedis - All Rights Reserved - Proudly powered by Blogger